Berbagi pengetahuan dan informasi tentang blog dan SEO terkini untuk para blogger tentang pentingnya SEO, cara kerja SEO dan algoritma Google, optimasi SEO on page dan off page, pemilihan kata kunci (keyword), membangun backlink, alat SEO, trafik organik, template blog yang responsive dan SEO friendly, domain TLD, dll

Minggu, 30 Januari 2022

Dampak Lama Tidak Menulis di Bog


Hai, hai, hampir 2 tahun saya ga posting di blog ini. Saya kehilangan semangat untuk menulis beberapa tahun belakangan ini ditambah lagi pandemi Covid-19 yang belum selesai ini. Saya sempat drop beberapa kali gara-gara kena virus ini. 

Iya, saya bingung mau nulis apa. Padahal menulis di blog ini bisa menjadi passion saya sejak lama. Namanya juga orang ga paham ya .... 

Sekarang bagaimana? Saya sudah mulai mengerti alasan harus menulis sekaligusnya manfaatnya. Tetapi, saya tidak akan membahasnya kali ini.

Saya akan membahas dampak lama tidak menulis di blog. Apa saja? 

Dampaknya utamanya adalah trafik

Berhubung blog saya yang satu ini artikelnya tidak terlalu berkualitas, trafik blog tentu saja turun. Sering banget ga ada pengunjungnya. Wajar aja sih. Lha blognya aja terbengkalai. 

Dampak lainnya, posisi artikel di google menjadi lemah walaupun sudah menggunakan domain kustom. Muncul di 10 halaman google aja udah syukur ya. Eh, ini bisa-bisa ga muncul. 

Oiya, menggunakan domain kustom seperti .my.id ini bisa meningkatkan posisi artikel di hasil pencarian google lho. Percaya deh. Yang masih menggunakan subdomain .blogspot.com, bisa diarahkan ke domain kustom. Mudah kok. Dulu jasfora tu menggunakan domain kustom .web.id yang harganya 54.900 rupiah setahun yang dibeli di idwebhost. Berhubung jarang dipakai, harga segitu jadi mahal. Oleh karena itu, saya mengganti domain kustom .web.id ke .my.id. Domain my.id ini murah banget, 11.000 rupiah per tahun belum ditambah PPN 10%. Masih tetap murah. Kalau domain kustom .web.id ini, kita harus mengunggah foto KTP, sedangkan .my.id ini tanpa syarat. Keduanya sama-sama meningkatkan posisi artikel kok. Tinggal milih mau yang mana. Sesuaikan dengan budget. 

Yuk, Manfaatkan Domain .my.id

Cara Menghubungkan Domain Kustom ke Blog di idwebhost.com 

Tips Supaya Artikel di Blog Mudah Ditemukan Google

Harga Domain .ID di idwebhost.com

Harga domain di idwebhost.com ini termasuk yang murah jika dibandingkan penyedia layanan domain lainnya. Idwebhost masih menjadi favorit saya. Saya engggak di-endorse lho ini, beneran.  


Mulai sekarang saya akan lebih sering update artikel walaupun ga bakal sering-sering amat. Saya akan berbagi artikel yang semoga bermanfaat. 

Yuk, yang punya blog dan masih bisa login, teruskan untuk menulis!

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar