Berbagi pengetahuan dan informasi tentang blog dan SEO terkini untuk para blogger tentang pentingnya SEO, cara kerja SEO dan algoritma Google, optimasi SEO on page dan off page, pemilihan kata kunci (keyword), membangun backlink, alat SEO, trafik organik, template blog yang responsive dan SEO friendly, domain TLD, dll

Minggu, 20 Februari 2022

Cara Menanam Adenium Baru Beli Online


Kali ini saya membagikan tips yang saya dapatkan dari penjual adenium online di Shopee.

Artikel sebelumnya: Beli Adenium Bunga Tumpuk Online di Shopee 

Yang sering membeli tanaman secara online pasti tahu ya kalau saat sampai, tanaman cenderung stres: layu, daun kering, dll. Nah, begitu juga dengan adenium. Namun, jika ditangani dengan benar sebelum pengiriman, adenium bisa bertahan selama seminggu di perjalanan. 


Penanganan adenium pasca pengiriman

1. Cek batang, akar, dan daun. 

Jika ada yang busuk, segera potong bagian busuk tersebut agar tidak menjalar ke bagian yang sehat. 

Jika ditemukan kutu putih dan atau daun bagian atas menghitam, segera lakukan prunning (pengurangan daun). Bagian yang hitam itu jamur. Saya kurang beruntung, ternyata adeniumnya sedikit ada hama dan jamurnya. Besok lagi coba beli di toko online lainnya. 

Cara prunning daun adenium

2. Sebelum ditanam, angin-anginkan adenium terlebih dahulu selama 2-12 jam. 

3. Tanam adenium pada media yang kering atau sedikit lembab. 

Saya membeli media tanam untuk adenium di toko tanaman seharga 15.000 rupiah. Di toko pertanian juga jual kok. Silakan langsung ke toko pertanian terdekat ya. Media tanamnya terdiri atas pupuk kandang, pasir, arang sekam, cocopit, dam pupuk pelengkap.

Media tanam tanaman adenium

Hindari terlalu banyak menggunakan tanah. Media tanam jadi tidak porous. Air masih dapat keluar, namun media tanam termasuk becek untuk tanaman adenium. 

4. Letakkan di tempat teduh atau yang terkena matahari pagi saja selama seminggu setelah penanaman. 

5. Setelah seminggu, tanaman adenium bisa dipindahkan ke tempat yang penuh dengan sinar matahari secara bertahap.


Apakah saya mengikuti cara penanganan adenium pasca pengiriman di atas? 

Tidak semuanya. Setelah paketnya saya buka, tanaman adenium saya angin-anginkan selama 1 jam, kemudian saya rendam dengan air campur vitamin B1. Tujuannya supaya tanaman adenium lebih cepat pulih dari stres pengiriman. Saya merendamnya semalaman, kemudian saya angin-anginkan sampai bonggol dan akar bagian bawah kering. Mengapa perlu diangin-anginkan? Untuk menghindari busuk bonggol atau akar. Saya juga melakukan prunning daun karena ada sedikit hama dan jamur. 


Penyiraman adenium pasca pengiriman

1. Jangan panik apabila ada bonggol yang gembos atau kisut saat paket tanaman adenium dibuka. Itu hanya dehidrasi. Namun, jangan buru-buru disiram. 

2. Lakukan penyiraman pertama setelah 3-5 hari setelah tanam.

Jika langsung disiram, bonggol dan akar bisa busuk. Tanaman adenium masih dalam kondisi stres pasca pengiriman. Akarnya belum berfungsi secara baik untuk menyerap air. 

3. Penyiraman selanjutnya bisa setiap 3 hari sekali, 5 hari sekali, atau 7 hari sekali, tergantung kondisi media tanam.

Jika media tanam masih dalam kondisi lembab, tanaman adenium tidak perlu disiram. Untuk mengetahui media tanam masih lembab atau tidak, colokkan jari ke dalam media tanam. Biasanya saya bongkar media tanam sedikit yang paling pinggir pot. 


Yang mungkin terjadi pada masa adaptasi

1. Bonggol gembos atau kisut karena dehidrasi, sedangkan akar belum bisa bekerja dengan baik, sehingga pohon menyerap nutrisi pada bonggol. 

2. Daun gugur

Hal ini terjadi karena nutrisi yang diserap belum cukup untuk daun sehingga tanaman adenium akan mengutamakan nutrisi untuk batang dan cabang. Tanaman adenium akan menggugurkan daunnya. 


Pemupukan

Lakukan pemupukan setelah 1 bulan tanam, baik menggunakan pupuk organik atau pupuk kimia. 

Pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk Osmocote Dekastar. 

Di Shopee https://shopee.co.id/Pupuk-Osmocote-Dekastar-17-11-10-Daun-13-13-13-Seimbang-6-13-25-Bunga-100-Gram-i.22585561.9645041344

Pupuk osmocote dekstar

Pupuk Osmocote Dekastar 17-11-10 : nutrisi untuk pertumbuhan daun

Pupuk Osmocote Dekastar 13-13-13 : nutrisi seimbang

Pupuk Osmocote Dekastar 17-11-10 : nutrisi untuk bunga 

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar