Berbagi pengetahuan dan informasi tentang blog dan SEO terkini untuk para blogger tentang pentingnya SEO, cara kerja SEO dan algoritma Google, optimasi SEO on page dan off page, pemilihan kata kunci (keyword), membangun backlink, alat SEO, trafik organik, template blog yang responsive dan SEO friendly, domain TLD, dll

Sabtu, 19 Februari 2022

Beli Adenium Bunga Tumpuk Online di Shopee


Gara-gara tragedi nebang pohon matoa malah kena tanaman adenium tetangga yang katanya dijual tapi ga dirawat benar-benar, saya jadi kursus online di youtube tentang perawatan tanaman adenium ini. Kata tetangga sih kamboja jepang jenis obesum yellow, tetapi saya tidak percaya. Cara bicaranya seperti salesman, melebih-lebihkan tanamannya. Dari yang saya baca-baca, obesum itu adenium jenis lokal. Saya pun tidak menemukan gambar di google dengan kata kunci obesum yellow.

Benih biji adenium lokal obesum bunga single

Saya mulai sering menonton video yang berkaitan dengan adenium maupun tanaman lainnya mulai dari media tanam, cara penyiraman, bonggol busuk, daun keriting, grafting, pestisida, fungisida, pupuk organic cair (POC), pupuk kimia, sampai jenis-jenis ID adenium.

Tanaman adenium yang terpaksa dibeli dari tetangga ini cukup buruk kondisinya. 

1. Daun keriting, menguning, dan mudah lepas akhirnya. 

2. Hasil grafting kerdil (kemungkinan media tanamnya yang kurang subur). 

3. Akar besarnya ada yang kisut dan sedikit membusuk (untung segera ketahuan). 

4. Media tanam yang kurang porous, kebanyakan tanah (air bisa keluar, namun termasuk becek). 

penampakan daun adenium yang tidak tumbuh subur

Akar bonggol adenium kisut busuk

Uwow banget, adenium bunga tumpuk ini. Adenium lokal hanya satu lapis, sedangkan adenium bunga tumpuk bunganya bisa lapis lebih dari satu. 

Ah, jadi ingin punya rumah yang ramah tanaman (ada taman dan lantai 2 bisa ditata tanaman).

Saya pun mulai mencari-cari penjual adenium di toko online oren, Shopee, dari harga 9.000-an sampai ratusan ribu. Jika ingin membeli adenium bunga tumpuk, jangan tergiur dengan adenium yang harganya 9.000-12.000. Kemungkinan besar itu adenium lokal. Adenium tumpuk yang asli harganya mulai 22.000-an. 

 

Berikut beberapa toko di Shopee yang menjual adenium bunga tumpuk. 

1. Midorifarm20 (Kota Bekasi) 

Link: https://shopee.co.id/midorifarm20 

ID adenium bunga tumpuk (size A): Liberty, Amata, Sang Red Same, Sunny Day, Santa Clause, Taurus, Triple Amazing, Madeira, Purple Jinda, Kirey, Phet Mong Kon, Miss Perfect, Butterfly Dream, Carnation, Purple Pupil. 

beli adenium lokal di shopee midorifarm20 bekasi

Produk lain: biji adenium obesum mix bunga single, adenium karakter, Thaisoco, Arabicum, Black Somalense. 

Kisaran harga adenium bunga tumpuk: 22.000-175.000 

 

2. Raysa.garden (Kabupaten Wonogiri) 

Link: https://shopee.co.id/raisa.garden 

ID adenium bunga tumpuk (size A dan B): lokal, Snow White, Sang Red Same, AC Milan, Indigo Glaze, Hellios, Sri Gading, Chok Am Nuay, Black Rabbit, Golden Year, Madira, Liberty, Lembayung, Pinky Girl, Voliolet, Ayana, Roseita, adenium dengan 2 jenis ID. 

beli adenium lokal di shopee raisa.garden wonogiri

Produk lain: benih biji adenium bunga tumpuk, entres adenium bunga tumpuk, pupuk osmocot, media tanam adenium, benih biji adenium percabangan aktif, benih biji adenium black somalense, pupuk NPK, pisau grafting, insektisida furadan, root up, Thaisoco, fungisida antracol, bonsai adenium, pestisida plus ZPT organik R A Gro, polibag, name tag tanaman, dll. 

Kisaran harga adenium bunga tumpuk: 22.500-350.000 (7.200 untuk adenium lokal per batang)

Catatan: Benih biji adenium bunga tumpuk tidak selalu menghasilkan bunga tumpuk, bisa saja bunga single, harap membaca detil produk. Jika ingin membali entres bunga tumpuk untuk grafting, belilah lebih dari 5 cm untuk menghindari batang terlalu muda atau beli adenium size A saja. 


3. Dianadenium atau Gunadi20 (Kabupaten Tegal) 

Link: https://shopee.co.id/gunadi20 

ID adenium bunga tumpuk (size A): Roseita, Adelia, Chrysanthemum Terrace, Pahawang, Pink Rose, Smile, Swalow, Jaws, Tangnapaka, Kumbang, Golden Year, Love Rain, Candhik Ayu, Black Evil, Sunny Day, Entrancing, Hua Xia Rong, Chamellion Yellow, Wonderland, Barame, Purple Pupil, Kirei, Hoang Hon Tim, Butterfly, Carnation, Moran, Hasade Pink, Yu Jiao, Phet Mon Kon, Santa Clause, Golden Dragon, Angel of Night, adenium dengan 2 dan 4 jenis ID, paket size A 5 pohon. 

beli adenium lokal di shopee gunadi20 tegal

Produk lain: adenium seddling RCN.

Kisaran harga adenium bunga tumpuk: 25.000-175.000 


4. Rachmannursery (Kota Tangerang)

Link: https://shopee.co.id/rachmannursery

Rachman Nursery ini terkenal di kalangan pecinta adenium. Jenis ID adenium yang dijual ada banyak. Kalian bisa membeli satu buah saja atau paketan. Rachman Nursery sering mengadakan flash sale di youtube lho. Ada yang dikirim tanpa media tanam, ada juga yang dikirim dengan potnya. Paket yang menggiurkan adalah paket 5 pohon size A seharga 150.000 rupiah (belum ditambah ongkir). Silakan lakukan deal saat channel Rachman Nursery live di youtube, ketik deal spasi <nomer yang ditentukan saat live>. Jika membutuhkan adenium tertentu atau ukuran tertentu, bisa ditanyakan saat live atau kirim pesan WA langsung saja. Nomor WA dibagikan saat live. 

beli adenium lokal di shopee rachmannursery tangerang

Channel Youtube Rachman Nursery: https://www.youtube.com/channel/UCI9Tp-ceG78amwRh5oPAFyw 

ID adenium bunga tumpuk (size A dan B): silakan dicek sendiri ya, tiap ID belum tentu ada stoknya, langsung saja ditanyakan.

Produk lain: media tanam adenium, pisau grafting, plastik grafting.

Kisaran harga adenium bunga tumpuk: mulai 35.000

 

Keterangan:

Tinggi size A sekitar 30 cm, bonggol masih tergolong kecil. 

Tinggi size B lebih dari 30 cm, bonggol sudah cukup besar, percabangan cenderung lebih dari satu, siap dicacah untuk grafting. 

Adenium bunga tumpuk tidak murni dari biji bunga tumpuk. Bonggol bawahnya biasanya adenium lokal, kemudian digrafting dengan batang bunga tumpuk.

 

Jadi, apa yang saya beli? Beli di mana?

Saya membeli Golden Year size A seharga 22.500 di Raysa.garden karena lokasinya dekat, Shopee hanya memberikan potongan ongkir 10.000 rupiah. Ya, tentu saja hasil grafting. Berikut foto penampakannya di aplikasi oren. 

adenium bunga tumpuk ID golden year

Kondisi tanaman masih segar saat sampai. 

Beli Adenium Online di Shopee

Beli Adenium Online di Shopee


Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar